Cara Daftar Mudik Gratis 2023 Kemenhub,Cek Syaratnya

Hari raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang untuk pulang ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan keluarga. Namun, biaya transportasi yang cukup mahal sering menjadi kendala bagi sebagian orang untuk mudik. Untuk mengatasi hal tersebut, Kemenhub memberikan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman.

Program mudik gratis Kemenhub sudah berjalan selama beberapa tahun dan terus mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Untuk tahun 2023, Kemenhub kembali mengadakan program mudik gratis dengan kuota yang lebih banyak dan rute yang lebih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin mendaftar program mudik gratis Kemenhub, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Fotokopi KTP yang masih berlaku
  • Surat keterangan bebas COVID-19 yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas setempat
  • Surat keterangan bebas narkoba
  • Surat keterangan bebas alkohol
  • Surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter
  • Surat keterangan belum pernah terlibat dalam kecelakaan yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat
  • Surat pernyataan kesanggupan menaati protokol kesehatan selama perjalanan

2. Lakukan Pendaftaran

Setelah kamu mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Kamu bisa mendaftar melalui aplikasi Kemenhub yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store. Pastikan kamu mengisi data dengan benar dan lengkap. >>UNDUH DIBAWAH<<

3. Verifikasi Data

Setelah melakukan pendaftaran, Kemenhub akan melakukan verifikasi data yang kamu berikan. Jika data yang kamu berikan valid dan lengkap, kamu akan diberikan tiket mudik gratis.

4. Ambil Tiket

Setelah mendapatkan tiket mudik gratis, kamu bisa langsung menukarkan tiket tersebut dengan tiket transportasi di loket-loket yang telah disediakan oleh Kemenhub.

Untuk mendapatkan tiket mudik gratis dari Kemenhub, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Kuota Terbatas

Program mudik gratis Kemenhub memiliki kuota yang terbatas. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk segera melakukan pendaftaran agar bisa mendapatkan tiket mudik gratis sebelum kuota penuh.

2. Masa Berlaku Persyaratan

Pastikan persyaratan yang kamu siapkan masih berlaku pada saat keberangkatan. Kamu juga harus mematuhi protokol kesehatan dan aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak operator transportasi yang kamu pilih.

3. Perhatikan Waktu Keberangkatan

Pastikan kamu datang tepat waktu pada saat keberangkatan. Kamu juga disarankan untuk datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Kemenhub telah menggandeng perusahaan penyedia armada untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi peserta Mudik Gratis selama dalam perjalanan.

Untuk kamu yang ingin download aplikasi Mudik Gratis 2023, silakan KLIK DISINI untuk download.

PASANG APLIKASI