Bantuan Sosial Subsidi BBM Akan Dibagikan, Segera Siapkan Persyaratannya

Presiden Joko Widodo meluncurkan Bantuan Langsung Tunai sebagai Bantuan Sosial (BLT) yang akan diterima masyarakat sebagai bantuan subsidi BBM di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022).

Bantuan tersebut disalurkan Jokowi melalui Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Jokowi menjelaskan, penyaluran BBM BLT kepada 20,6 juta pengguna sebesar 150.000 per orang selama empat bulan.

Bantuan tersebut dibayarkan Kementerian Sosial sebanyak dua kali senilai Rp 300 ribu oleh Kantor Pos Indonesia.

BLT dimaksudkan sebagai bantuan sosial untuk melindungi daya beli masyarakat, terutama belakangan ini akibat kenaikan harga dari pengaruh internasional >> CEK NAMA PENERIMA BANSOS SUBSIDI BBM DISINI.

Bantuan sosial tersebut terdiri dari tiga jenis bantuan, pertama bantuan dana langsung kepada 20,65 juta unit masyarakat sebesar Rp. 150 ribu untuk empat kali dengan total anggaran 12,4 triliun.

Kedua, bantuan subsidi upah untuk 16 juta pekerja, yang akan dibayar 3,5 juta per bulan, dan gaji maksimum 600 ribu, anggaran 9,6 triliun, dibayarkan sekali.

Ketiga, subsidi BBM untuk pekerja sebesar Rp 600 ribu untuk kurang lebih 16 juta pekerja.

Cara Cek Nama Penerima Bantuan Sosial Subsidi BBM

Agar bisa cek nama penerima secara online, masyarakat wajib menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Jika kedua syarat tersebut sudah terpenuhi, masyarakat juga harus memiliki HP yang akan digunakan untuk proses pendaftaran online dan menginstal Aplikasi Cek Bansos Kemensos 2022.

Untuk memasang Aplikasi Cek Bansos 2022, silahkan masuk ke aplikasi Google Play Store dan cari Aplikasi Cek Bansos 2022 dan kemudian download dan tunggu sampai proses pemasangannya selesai. Anda juga dapat langsung mengunduh nya dengan meng klik tombol download dibawah.

CEK NAMA PENERIMA

Sedangkan jika belum mempunyai akun, Anda dipersilahkan untuk memilih pilihan menu daftar akun baru dan nantinya bisa mendaftar di Aplikasi Cek Bansos 2022.

Anda akan mendapat petunjuk pengisian data penting, ikuti sampai seluruh data yang diminta terisi dengan benar dan sesuai.