Selamat, Bansos Beras Sudah Cair, Silakan Cek Jadwal & Daftar Penerimanya

Pemerintah akan memulai penyaluran 10 kg beras gratis untuk 21,3 juta rakyat miskin untuk mengendalikan harga yang naik di pasaran.

Jokowi menyebutkan kebijakan ini ditempuh dengan pertimbangan untuk meredam inflasi. Jokowi mengatakan bahwa beras merupakan komoditas utama pendorong inflasi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah meluncurkan program penyaluran cadangan beras pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan tahun 2023 pada bulan April lalu. Penyaluran beras bantuan ini sudah berlangsung selama 3 bulan mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2023 kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Mulai awal September akan didistribusikan bantuan pangan beras. Per satu keluarga menerima manfaat dapatkan 10 kg beras,” jelasnya dalam pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Kamis (31/8).

Selain bulan September, Jokowi mengatakan beras akan dibagikan pada bulan Oktober dan November.

Pemerintah kemudian memutuskan untuk menggelar kembali bansos pangan berupa beras 10 kg itu. Setelah periode pertama di Maret-Mei, periode kedua direncanakan pada bulan Oktober-Desember 2023.

Cara Cek Daftar Penerima Bansos

Untuk proses distribusi Bansos ini, datanya masih berbasiskan Data Kesejahteraan Sosial Terpadu .

Untuk pastikan jika Anda adalah penerima atau bukan, Anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

– Masuk ke halaman Cek Penerima Bansos
– Selanjutnya ikuti beberapa langkah tutorialnya sama seperti yang ada di halaman tersebut.

CEK PENERIMA

Bagi yang namanya belum terdaftar, tidak boleh berkecil hati, karena masih tetap ada peluang untuk mendaftarkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Program Keluarga Harapan atau Program Pangan Pokok/BPNT.